Menyelesaikan Soal Matematika Dengan Precalculus

Satu lagi software (aplikasi) matematika yang cukup bagus, yang disebut precalculus. Aplikasi ini dapat digunakan untuk:
1. Menyelesaikan soal matematika yang meliputi kalkulus, matriks, trigonometri, aljabar, dan lain-lain
2. Membuat soal matematika
3. Membuat grafik
Dalam hal penggunaan untuk menyelesaikan soal matematika, software ini menuliskan juga langkah-langkahnya jadi tidak sekedar jawabannya saja. 

Aplikasi precalculus bersifat portable, artinya tidak perlu diinstall untuk dapat menggunakannya. Bila Anda sudah tidak sabar untuk menggunakannya, silakan diunduh

Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistik


Rambu-rambu pada latar belakang lampiran dokumen Standar Isi Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 (Depdiknas, 2006:1) menyatakan bahwa dalam setiap kesempatan, pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi (contextual problem). Dari pernyataan ini dapat kita simpulkan bahwa penting artinya kita menggunakan pendekatan kontekstual atau pendekatan realistik dalam pembelajaran matematika,

Pendekatan Matematika Realistik (PMR) sebenarnya sudah lama, namun tidak banyak guru matematika yang melaksanakan PMR. Untuk membuka wawasan kita tentang Pendekatan Matematika Realistik dan bagaimana strategi pelaksanaannya, ada baiknya kita membaca buku yang disusun oleh widyaswara P4TKMatematika Jogjakarta, yang berjudul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistik di SMP. Buku ini dapat kita dapatkan gratis. Silakan anda UNDUH

Pembahasan Soal UN Matematika Tahun Pelajaran 2009/2010

Belum dikatakan belajar matematika bila belum berlatih mengerjakan soal latihan. Ujian Nasional (UN) 2012 memang masih beberapa bulan lagi ( kurang lebih 7 bulan lagi). Namun persiapan lebih dini tentu lebih baik. SKL (Standar Kompetensi Lulusan) UN dari tahun ke tahun tidak berbeda jauh, untuk itu ada baiknya kita berlatih mengerjakan soal-soal tahun-tahun sebelumnya. Untuk itulah di bawah ini saya berikan pembahasan soal UN matematika tahun pelajaran 2009/2010.

Matematika Tanpa Rumus

Matematika Tanpa Rumus
Matematika idetik dengan rumus, walaupun tidak semua matematika berkaitan dengan rumus. Materi trigonometri adalah materi yang terkenal sulit bagi siswa SMA, karena banyak sekali rumusnya. Dari pengalaman saya mengajar trigonometri, kadang kita lebih gampang tanpa menggunakan rumus dari pada menggunakan rumus. 

Menetukan Nilai Trigonometri Di Kuadran II, III, dan IV Tanpa Rumus

Seperti yang kita ketahui di buku-buku matematika SMA untuk menentukan nilai trigonomtri digunakan rumus tertentu, yang karena banyaknya kadang bikin anak bingung. Lalu bagaimana cara menentukan nilai trigonometri di kuadran II, III, dan IV tanpa menggunakan rumus?

  • Tanamkan dahulu tanda positif/negatif di setiap kuadran. 
  •  . r nilainya selalu positif, agar Sin A nilainya postif maka y harus positif. y positif berada pada daerah atas. Dengan demikian Sin A positif di kuadran I dan II
  • . r nilainya selalu positif agar Cos A nilainya postif maka y harus positif. y positif berada pada daerah kanan. Dengan demikian Sin A positif di kuadran I dan IV
  • . Supaya nilai Tan A positif maka y dan x positif (kuadran I) atau y dan x negatif (kuadran III). Dengan demikian Tan A positif di kuadran I dan III.
  • Sudut di kuadaran II nilainya kurang dari 180o.  Yang dihitung adalah "kurangnya" dari 180o
  • Sudut di kuadaran III nilainya lebih dari 180o. Yang dihitung adalah "lebihnya" dari 180o
  • Sudut di kuadran IV nilainya kurang dari 360o. Yang dihitung adalah "kurangnya" dari 360o
Perhatikan contoh berikut:
Tentukan nilai dari:
  1. Sin 150o
  2. Cos 240o
  3. Tan 315o
Penyekesaian:
  1. 150o  berada pada kuadran II, maka tandanya positif dan kurangnya 30dari 180o. Jadi Sin 150o = Sin 30= 1/2
  2. 240berada pada kuadran III, maka tandanya negatif dan lebihnya 60dari 180o. Jadi Cos 240o = -Cos 60= -1/2
  3. Tan 315o berada pada kuadran IV, maka tandanya positif dan kurangnya 45dari 360o. Jadi Tan 315o= - Tan 45= - 1

Menerjemahkan Kata Atau, Dan, Bukan Pada Teori Peluang

Menerjemahkan Kata Atau, Dan, Bukan Pada Teori Peluang
Di dalam materi teori peluang kita sering menjumpai kata atau, dan , bukan. Kata-kata ini dapat kita terjemahkan ke dalam bahasa matematik sehingga soal yang mengandung salah satu kata tersebut dapat diselesaikan.

ATAU

Atau berarti gabungan, dengan rumus:
Bila A dan B saling lepas maka:

DAN

Dan berarti irisan dengan rumus:
  bila A dan B saling bebas
 bila A dan B tidak saling bebas
Namun perlu diingat tidak selamanya soal yang mengandung kata dan diselesaikan dengan rumus di atas.
Perhatikan soal berikut ini:
Sebuah dadu dilambungkan sekali. Tentukan peluang munculnya mata dadu prima dan genap!

BUKAN

Bukan berarti komplemen dengan rumus: