Stimulasi Untuk Tumbuh Kembang Bayi

By. Ira Fatmawati 

Mendidik dan merawat seorang bayi tidaklah mudah, ibarat orang jawa “Gampang-Gampang Susah”, karena cara kita sebagai orang tua mendidik anakakan menentukan kecerdasan tumbuh kembang anak di masa depannya.  Mendidik untuk meningkatkan kecerdasan anak di tentukan oleh 3 faktor utama, yaitu faktor genetik (garis keturunan dari orang tua), Gizi (nutrisi) dan stimulasi secara kontinyu dan berkualitas.
Dalam wacana ini saya akan berbagi untuk pengoptimalkan tumbuh kembang bayi melaluiStimulasi. Berikut adalah stimulasi (rangsangan) umum yang dapat anda berikan kepada bayi Anda:
1.   Kasih Sayang Orang Tua

Kasih sayang orang tua tidak hanya di mulai waktu bayi sudah lahir, tetapi sejak dalam masa kandungan, kasih sayang orang tua sangat dibutuhkan bagi perkembangan bayi. Di dalam kandungan, bayi bisa merasakan suasana hati ibunya. Dengan kasih sayang pula kita sebagai ibu akan rajin  memeriksakan ke dokter kandungan tentang kondisi bayi agar tetap sehat. Kasih sayang yang besar, bayi akan merasa mendapatkan  perlindungan dan kehangatan dari kedua orang tuanya.
2.   Mengajak Berbicara
Berbicaralah yang lemah lembut dan ekspresi wajah yang menyenangkan, Stimulasi mengajak berbicara juga tidak hanya di lakukan setelah bayi lahir. Tetapi di dalam rahim, bayi bisa mendengarkan suara ibunya. Dengan nada yang lembut dan ekspresi yang menyenangkan, suara anda akan terekam dalam otak bayi dan bahkan suara anda akan menjadi suara favorit untuk bayi anda.
3. Berikan Respon.
Berikan respon atau tanggapan atas apa yang dibutuhkan bayi anda. Karena dengan memberikan respon, bayi anda merasa diakui keberadaannya dan bayi bisa membangun komunikasi dengan orang-orang disekitarnya. Secara psikologis, bisa membangun kepercayaan diri pada si bayi.
4. Berikan Sentuhan Lembut. 
Secara penelitian, bayi yang sering mendapatkan sentuhan lembut dan pemijatan bayi secara benar, akan mempercepat tumbuh kembang bayi.

5. Biarkan Bayi Bereksplorasi. 
Memberi kesempatan kepada bayi anda untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar dan lingkungan yang baru. Tetapi, yang perlu dipastikan dan diperhatikan adalah aspek kenyamanan dan keamanannya. Anda dapat membawa bayi Anda untuk berjalan-jalan ke tempat yang banyak dikunjungi orang, contohnya tempat rekreasi atau tempat perbelanjaan.. Jika memungkinkan, biarkan bayi Anda untuk menemukan hal-hal baru sendiri. Ini pasti akan memberikan efek rangsangan yang positif kepada sang buah hati agar tumbuh kembangnya lebih baik dan optimal.

7. Membacakan Buku Secara Kontinyu. 
Meskipun bayi belum sepenuhnya faham apa yang kita bacakan, paling tidak itu bisa menambah kosa kata bicaranya. Bacakan buku cerita yang mengandung unsur dongen dan mendidik. Untuk lebih menarik perhatian bayi, pilih buku bacaan yang bergambar dan berwarna terang.

8. Memperdengarkan Musik Klasik dan Berirama Teratur. 
Musik dapat mengoptimalkan tumbuh kembang otak bayi. Namun tidak sembarang musik bias di perdengarkan. Pilihlah musik klasik atau musik yang berirama teratur.
Previous
Next Post »