Pengertian Statistika

Statistika adalah ilmu yang mempelajari cara-cara pengumpulan, penyusunan, penyajian, dan menganalisis data serta cara mengambil kesimpulan yang logis sehingga dapat diambil keputusan yang akurat. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data.
Statistika dikelompokkan dalam dua kelompok yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensia. Statistika deskriptif adalah metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian suatu gugus data sehingga memberikan informasi yang berguna. Sedangkan pengertian statistika inferensia adalah metode yang berhubungan dengan analisis sebagian data untuk kemudian sampai pada peramalan atau penarikan kesimpulan tentang seluruh gugus data induknya.

Data dan Datum
Data adalah sekumpulan informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan.
Data merupakan bentuk jamak, sedangkan bentuk tunggalnya adalah datum. Misalnya, informasi yang diperoleh tentang berat badan 5 orang siswa (dalam kg terdekat) ialah 39, 42, 47, 43, 51. Maka


Data statistik yang terkumpul biasanya masih tersebar dan tak berurutan ukuranya. Untuk kebutuhan penyajian dan pengelolaan data, maka data tersebut perlu diurutkan dari ukuran terkecil sampai yang ke terbesar.

Populasi dan Sampel
Populasi adalah kumpulan atau himpunan semua objek lengkap yang akan dijadikan objek penelitian.
Sampel adalah bagian dari populasi yang benar-benar diteliti atau diamati dalam sebuah penelitian. Sampel yang baik harus representatif (mewakili populasi) dan memiliki sifat yang homogen (sejenis).
Contoh:
Banyak siswa kelas VII, kelas VIII dan kelas IX SMP A masing-masing adalah 8 kelas. Misal kepala sekolah SMP A ingin melakukan penelitian tentang hubungan antara tingkat sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa, maka tentukan populasi dan sampelnya!
Jawab :
Populasinya adalah seluruh siswa di SMP A
Sampelnya terdiri atas beberapa kelas siswa kelas VII, beberapa kelas siswa kelas VIII dan beberapa kelas siswa kelas IX yang diambil secara acak.
Previous
Next Post »