Penyajian data statistik

Secara garis besar ada dua macam cara penyajian data dalam statistika yaitu:
1.
Tabel atau daftar yang dapat berbentuk:

a. Daftar baris kolom

b. Daftar kontingensi

c. Daftar distribusi frekuensi
2.
Grafik atau diagram yang terbagi menjadi:

a. Diagram batang atau balok

b. Diagram garis atau grafik

c. Diagram lingkaran

d. Diagram lambang atau piktogram

e. Diagram peta

f. Diagram pencar


Pada bahasan ini akan dipelajari cara penyajian data statistik dalam bentuk :
- Diagram lambang atau piktogram
- Diagram batang
- Diagram baris
- Diagram lingkaran

Diagram lambang (piktogram)
Diagram lambang atau piktogram disajikan dalam bentuk lambang-lambang. Dalam piktogram lambang-lambang yang digunakan harus disesuaikan dengan objek-objek yang diteliti. Misalkan data untuk jumlah siswa digunakan gambar orang, data untuk panen buah digunakan gambar buah dan sebagainya. Dalam piktogram suatu gambar mewakili nilai tertentu.
Contoh:


Diagram batang
Untuk diagram batang diperlukan sumbu mendatar dan sumbu dan tegak yang berpotongan tegak lurus. Kedua sumbu msing-masing dibagi menjadi beberapa bagian dengan skala yang sama. Skala pada sumbu tegak tidak harus sama dengan sekala pada sumbu datar. Pada diagram batang, data statistik disajikan dengan menggunakan gambar berbentuk batang yang letaknya vertikal atau horisontal. Letak batang yang satu dengan yang lainnya saling berdampingan dibuat terpisah
Contoh:



Diagram garis
Diagram garis umumnya digunakan untuk penyajian data yang diperoleh dari waktu ke waktu secara teratur dalam jangka waktu tertentu, misalnya data rata-rata nilai UAS suatu sekolah dari tahun ke tahun, banyak kendaraan yang lewat dijalan tol dan sebagainya.
Contoh:


Diagram lingkaran
Daerah lingkaran menggambarkan data seluruhnya, sedangkan sebagian dari data digambarkan dengan menggunakan juring atau sektor. Besar sudut pusat tiap juring harus sebanding dengan nilai data yang disajikan jadi sebelum membuat diagram lingkaran hitung sudut pusat tiap juring.
Contoh:
Previous
Next Post »